Sebanyak 29 mahasiswa program studi HES, HK, dan HTN mengikuti kegiatan yudisium yang diselenggarakan oleh Fakultas Syariah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda pada Selasa, 16 November 2021. Yudisium periode ke-2 tahun 2021 yang dimulai pada pukul 09.00 diadakan secara offline di Aula Lt. 2 Fakultas Syariah dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Kegiatan yudisium tersebut dihadiri Dekan, para Wakil Dekan, Ketua Jurusan dan Ketua Prodi selingkung Fakultas Syariah. Acara yudisium dibuka dengan pembacaan doa serta menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Iskandar, M.Ag.

Dekan Fakultas Syariah menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta yang telah berjuang dan menuntaskan pembelajarannya selama kurang lebih 4 tahun di Fakultas Syariah. Selain itu, Dekan juga berpesan agar mahasiswa yang telah lulus dapat memanfaatkan ilmu yang didapat selama belajar di bangku kuliah dengan baik. Sehingga dapat ikut berkontribusi nyata dalam masyarakat. Selain itu, sebagai alumni mehasiswa juga diminta untuk tetap menjaga nama baik almamater. “Jadi tidak hanya memiliki ilmu, namun perlu dijaga pula akhlak dan tingkah laku sebagai lulusan perguruan tinggi Islam.”

Kegiatan Yudisium berlangsung khidmat, Panggalih Husudo, peserta yudisium dengan IPK tertinggi memberikan sambutan sebagai perwakilan. Dalam sambutannya, Galih mengucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah mendukung proses pendidikannya, kepada para dosen dan teman-teman sesama mahasiswa. “Seakan baru kemaren, apakah memang waktu yang berlalu begitu cepat atau pertemanan kita yang membuat waktu berjalan tanpa terasa. Seandainya diberikan pilihan kembali, maka saya tetap akan memilih berkuliah di Fakultas Syariah.” Pungkas Galih.

Pada acara ini juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada mahasiswa yang memiliki IPK tertinggi dari masing-masing prodi, kemudian penyerahan piagam penghargaan bagi dosen dan tendik terfavorit.

Terakhir, sebagai wujud dari rasa syukur dilakukan pemotongan tumpeng, dilanjutkan dengan makan-makan serta foto bersama.

Leave a Comment