Dalam rangka memeriahkan Festival Ekonomi Syariah Kawasan Timur Indonesia 2023 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur, Fakultas Syariah hingga Pusat Kajian Halal ikut berkontribusi dalam berbagai rangkaian acara tersebut.

Mahasiswa dan Dosen pada acara seminar yang bertema “Penguatan Usaha Syariah dalam Mendukung Kemandirian Pesantren di Tengah Era Digital”

Pusat Kajian Halal berkontribusi dalam Fesyar dengan membuka stand Klinik Halal. Klinik Halal diselenggarakan di Atrium Utama Bigmall lantai UG selama 3 hari dari tanggal 26-28 Mei 2023, selain memberikan pelayanan sertifikasi halal gratis, Pusat Kajian Halal juga menerima layanan konsultasi dan jasa pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk pelaku UMK.

Pengurus Pusat Kajian Halal bersama Pendamping PPH dari mahasiswa Fakultas Syariah di stand Klinik Halal Atrium Utama Bigmall

Selama 3 hari, Klinik Halal Pusat Kajian Halal ramai dikunjungi pelaku usaha untuk konsultasi dan mendapatkan layanan sertifikasi halal gratis. Pelaku usaha nantinya akan didampingi oleh Pendamping PPH LP3H UINSI Samarinda untuk mengajukan sertifikasi halal produknya.

Turut berpartisipasi dalam kegiatan ini dari berbagai unsur pengembangan ekonomi dan bisnis Islam, meliputi Perwakilan 9 Bank Indonesia bagian Indonesia Timur, BAZNAS dan BWI, Lembaga Keuangan Syariah, Kosmetik Halal, Travel dan wisata Syariah, juga klinik halal.

Selain itu, Dekan Fakultas Syariah, Dr. Bambang Iswanto, M.H juga menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan Talkshow Akad dan Hukum Syariah “Mengupas Peluang Bisnis dan Investasi Keuangan Syariah: Dukungan Akad dan Digitalisasi”

Dekan Fakultas Syariah, Dr. Bambang Iswanto menjadi narasumber dalam rangkaian acara Fesyar BI

Terlibatnya Fakultas Syariah dan Pusat Kajian Halal dalam event ini merupakan sebuah rekognisi tersendiri akan keberadaan UINSI di Provinsi Kalimantan Timur. Semoga selanjutnya semakin banyak lembaga yang menggandeng Fakultas Syariah dan Pusat Kajian Halal dala event nasional.

Leave a Comment