Jum’at, 09 April 2021

Fakultas Syariah IAIN Samarinda menjadi auditee pada kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIN Samarinda. Beberapa ketentuan yang diaudit pada AMI kali ini adalah kurikulum, Rencana Pembelajaran Semester, Pembimbing, Dosen dan Tenaga Kependidikan, Laporan Evaluasi Perkuliahan dan Survei Kepuasan Pengguna Mahasiswa dan Dosen di lingkungan Fakultas Syariah.

Dekan Fakultas Syariah Dr. Bambang Iswanto, M,H menyampaikan sambutan dan ucapan terima kasih atas kesediaan para tim auditor untuk mengaudit Fakultas Syariah, “Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh tim Auditor juga kepada Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIN Samarinda yang terus berbenah menjamin mutu dan kualitas lembaga menjadi lebih baik, masukan dari tim auditor tentunya akan menjadi bahan evaluasi untuk kami di Fakultas Syariah.” Sambut Dr. Bambang.

Sebelum kegiatan auditing dimulai, Sekretaris LPM Bapak Iswadi, M.E membuka kegiatan tersebut dengan harapan agar setiap pihak dapat bekerjasama dengan baik mengembangkan mutu kualitas lembaga IAIN Samarinda.

Proses audit dikomandoi oleh Bapak Drs. H. Said Husein, M.A didampingi oleh 5 tim auditor yang memeriksa dan memverifikasi dokumen yang telah disiapkan.

Pada AMI kali ini, fokus auditing lebih kepada poin-poin yang berkaitan dengan persiapan akreditasi, terutama pada hal-hal yang berkaitan dengan Sumber Daya Manusia (SDM), Kurikulum yang sesuai dengan standar KKNI, juga pelaksanaan perkuliahan dan tugas akhir mahasiswa.

Beberapa catatan masukan dari tim auditor adalah tentang penyempurnaan kurikulum yang telah diredesain, kelengkapan SK, juga SOP yang berkaitan dengan kebijakan mutu di Fakultas Syariah. Dari hasil interview dengan pihak yang di auditee, Fakultas Syariah mendapatkan nilai minor dan observasi pada kegiatan AMI kali ini. “Alhamdulillah hasil ekspos AMI Fakultas Syariah mendapatkan hasil minor dan observasi dan tidak ada yang mayor, hal ini tentunya lebih baik dari AMI sebelumnya, dan kita terus berbenak untuk menjamin mutu lembaga dan juga lulusan Fakultas Syariah IAIN Samarinda, menjadi lebih baik lagi.” jelas Dr. Iskandar, M.Ag Wakil Dekan bidang akademik Fakultas Syariah.

Leave a Comment